Kamis, 02 Mei 2024

INFORMASI :

Selamat datang di website resmi Pemerintah Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen

Kebumen Terkini

Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan
Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas

Arsip Berita

PASAR DESA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA WADASMALANG

PASAR DESA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA WADASMALANG

Dalam rangka meningkatkan pendapatan Masyarakat dan Desa, diperlukan sarana perekonomian melalui Pasar Desa sebagai pusat interaksi sosial masyarakat perdesaan. Pasar Desa yang bertempat di RT 02 RW 02 Dukuh Wetangili Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambnung Kabupaten Kebumen merupakan salah satu potensi penyagga perekonomian masyarakat.

Pasar Desa atau yang lebih dikenal masyarakat dengan Pasar Purwosari dengan luas tanah 318 m2, Kios 5 (lima) buah, loos 2 (dua) lantai, pedagang lesehan dan kaki lima jumlah pedagang baik di dalam loos / kios maupun diluar berjumlah 200 pedagang dan merupakan pasar yang bersih, nyaman, tertib dan layak. Pasar Purwosari Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen diadakan setiap pada hari Senin dan hari Jumat.

Desa Wadasmalang adalah salah satu Desa dari 14 desa di Kecamatan Karangsambung - Kabupaten Kebumen. Merupakan salah satu potensi penyangga pembangunan perekonomian masayarakat Desa Wadasmalang pada khususnya dan masyarakat Desa – Desa  di sekitarnya pada umumnya.

Pasar Desa ini dikelola sebagai sumber pendapatan Desa, berdiri di atas tanah Desa dan bangunannya merupakan aset Desa, Pengelolaan Pasar Desa dilakukan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pasar Desa Wadasmalang sebagai tempat memasok dan memasarkan hasil produksi wilayah perdesaan, mempermudah pemenuhan kebutuhan primer masyarakat, membuka lapangan kerja bagi masyarakat, meningkatkan taraf  ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Masayarakat Desa Wadasmalang masih mempunyai kendala dimana hasil yang mereka dapat dari hasil bumi yang dimana akan dijual secara komulatif atau berjumlah banyak. Biasanya Perdagangan di dalam Pasar Desa ini hanya berjumlah sedikit atau dalam kata lain tidak ada penerima dalam jumlah besar/banyak.

Oleh karena itu perlu adanya binaan dan kerjasama antara pedagang di Pasar Desa ataupun dapat bekerjasama dengan Pedagang diluar Desa yang dapat menerima hasil bumi dan hasil yang didapat dari Perdagangan pasar tersebut. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3