Jum`at, 17 Mei 2024

INFORMASI :

Selamat datang di website resmi Pemerintah Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen

Pelatihan TIK Untuk Perangkat Desa

Pelatihan TIK Untuk Perangkat Desa

-- Pelatihan TIK Diikuti Juga Oleh Perangkat Desa Wadasmalang -- 

Pada Tahun 2020 ini terus berkembangnya teknologi baik secara produktif maupun konsumtif. Publikasi informasi yang semakin update melalui media sosial ataupun internet yang mecakup dari berbagai golongan usia maupun pekerjaan. Hal tersebut tidak terkecuali untuk Perangkat Desa. Dikarenakan Perangkat Desa adalah Pejabat tinggi Penyelenggara Pemerintahan di tingkat Desa. 

Oleh karena itu, Dinas Komunikasi dan informasi Kabupaten Kebumen berinisiatif melaksanakan Pelatihan TIK untuk Perangkat Desa se-Kabupaten Kebumen. Hal tersebut dikarenakan masih minimnya pengetahuan dan kemampuan Perangkat Desa dalam pengoperasian komputer maupun penggunaan internets secara bijak. Selain merupakan Program/Kegiatan Dinas Kominfo Kabupaten Kebumen Tahun 2020, harapannya dengan terlaksanannya Pelatihan TIK untuk Perangkat Desa tersebut dapat meningkatkan kinerja dalam pengelolaan dan pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) yang salahsatunya adalah website desaonline.

Website Desa Online yang dimaksud merupakan Website resmi yang dimiliki oleh setiap Desa se-Kabupaten Kebumen. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi lebih luas dan mudah diakses oleh masyarakat dalam mencari segala informasi kegiatan / fenomenal yang terjadi pada Desa tersebut. Selain itu, Transparansi Perencanaan, Penganggaran, dan Pelaporan Kegiatan Pemerintah Desa juga mudah diketahui oleh setiap masyarakat baik yang berada di desa maupun luar desa (merantua).

Pelatihan TIK untuk Perangkat Desa yang diselenggarakan pada Hari Kamis, 27 Februari 2020 di Aula Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kebumen ini juga diikuti oleh Perangkat Desa Wadasmalang selaku Peserta Pelatihan dari unsur undangan. Melalui Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) Desa Wadasmalang Nomor 090 / 029 / 2020, Kepala Desa Wadasalang memerintahkan kepada Bpk. Suryanto (selaku Admin) dan Bpk. Hadi Feriyanto,Ibu Yuliana Susanti,Bpk. Muhtadin,Bpk. Darwono (selaku Operator) untuk mengikuti Pelatihan TIK tersebut. Tujuan SPPD tersebut agar peserta dari Desa Wadasmalang dapat mengikuti Pelatihan TIK hingga selesai dan mendapatkan pengetahuan/kemampuan yang disampaikan oleh Narasumber yang telah disediakan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Kebumen.

Pelatihan TIK untuk Perangkat Desa dibuka dan dipandu langsung oleh Bpk. Ikbal Kulyubi selaku narasumber pada pelatihan tersebut. Diawal acara, beliau menjelaskan tahapan pelatihan yang nantinya akan dilalui oleh peserta yang hadir. Diantaranya Pemberian Modul Pelatihan, Tahapan Login Admin / Operator Desa Online, hingga Tata Cara Pembuatan dan Posting Artikel oleh Operator maupun Admin pada Website Desa Online.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Agenda Terkait

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3